Pada tanggal 8 Juli 2020, OJK mengeluarkan Pedoman Perlakuan Akuntansi Produk Investasi Berbentuk Kontrak Investasi Kolektif melalui Surat Edaran OJK No. 14/SEOJK.04/2020. Berdasarkan pengamatan pribadi saya pedoman perlakuan akuntansi ini sudah sejalan dengan PSAK 71, 72 dan 73 setidaknya dalam hal penamaan dan pengklasifikasian akun-akunnya. Namun jangan berharap akan menemukan panduan menghitung CKPN untuk aset yang dicatat pada Biaya Perolehan Diamortisasi, karena pedoman perlakuan akuntansi memang tidak akan pernah membahas sedalam itu.

Silahkan kunjungi link untuk download langsung pedoman dimaksud dari website OJK atau kunjungi link berikut untuk mendapatkan versi yang telah terdapat bookmarknya untuk memudahkan dalam membaca: https://1drv.ms/b/s!An_Q5ZNERcGAguxMJYr40QzJUTWhmA?e=wNts9B

Sebagai seorang Akuntan, biasanya kita memerlukan pemahaman dari suatu transaksi terlebih dahulu sebelum menerapkan ketentuan akuntansinya berdasarkan standar yang ada. Maka rasanya perlu untuk kita bahas dan berikan sedikit ilustrasi transaksi dari salah satu variasi bentuk dari Kontrak Investasi Kolektif yang cukup populer yaitu Kontrak Investasi Kolektif – Efek Beragun Aset (KIK EBA).

KIK-EBA adalah kontrak antara Manajer Investasi dan Bank Kustodian yang mengikat pemegang Efek Beragun Aset dimana Manajer Investasi diberi wewenang untuk mengelola portofolio investasi kolektif dan Bank Kustodian diberi wewenang untuk melaksanakan Penitipan Kolektif. 

Sementara, Efek Beragun Aset adalah Efek yang diterbitkan oleh Kontrak Investasi Kolektif Efek Beragun Aset yang portofolionya terdiri dari aset keuangan berupa tagihan yang timbul dari surat berharga komersial, tagihan kartu kredit, tagihan yang timbul di kemudian hari (future receivables), pemberian kredit termasuk KPR (Kredit Pemilikan Rumah/KPR atau apartemen), Efek bersifat hutang yang dijamin oleh Pemerintah, Sarana Peningkatan Kredit (Credit Enhancement) /Arus Kas (Cash Flow), serta aset keuangan setara dan aset keuangan lain yang berkaitan dengan aset keuangan tersebut. (sumber www.ojk.go.id)

Berikut adalah contoh ilustratif dari transaksi KIK-EBA dari produk KIK-EBA JSMR01.

Sumber: Danareksa Investment Management dan Mandiri Sekuritas.

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail