ISAE 3402 merupakan standar audit internasional yang diakui oleh Dewan Standar Audit dan Penjaminan internasional (IAASB). ISAE 3402 mengatur tentang keterlibatan yang dilakukan oleh auditor untuk memberikan laporan untuk digunakan oleh entitas pengguna dan auditor mereka atas pengendalian pada organisasi layanan yang menyediakan layanan untuk entitas pengguna yang mungkin relevan dengan kontrol internal entitas pengguna yang berkaitan dengan pelaporan keuangan.

ISAE 3402 memberikan manfaat bagi organisasi layanan dan entitas pengguna dengan memberikan jaminan kepada klien bahwa organisasi layanan memiliki kontrol yang tepat.

Ada 2 jenis tipe laporan ISAE 3402, yaitu:

Tipe 1 mencakup penjelasan tentang sistem dan kontrol organisasi layanan yang didukung oleh pernyataan manajemen dan pendapat auditor tentang apakah kontrol yang telah ditempatkan ke dalam operasi dan apakah kontrol yang tepat dirancang untuk memenuhi tujuan kontrol.

Tipe 2 menambahkan pernyataan manajemen dan pendapat auditor tentang efektivitas operasi kontrol selain dari pendapat yang ada dalam laporan tipe I.

Mengimplementasikan ISAE 3402 membutuhkan perencanaan yang efektif, keterlibatan kepemimpinan, analisis menyeluruh terhadap proses dan sumber daya yang handal serta manajemen proyek. ISAE 3402 biasanya dimulai dengan fase implementasi di mana SOC-laporan disiapkan. Keberhasilan proyek ISAE 3402 sangat bergantung pada keselarasan tujuan kontrol dan kerangka kerja organisasi layanan terhadap kebutuhan dan persyaratan semua pemangku kepentingan.

KAP TNBR dapat membantu anda menyampaikan laporan ISAE 3402 kepada klien anda.

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail